Rabu, 28 Januari 2009

AADA (Ada Apa Dengan Angpao.......)


HAPPY CHINESE NEW YEAR
2009
" G
ONG XI FA CAI "


Kalo berbicara soal
Tahun Baru Imlek, pasti nga ketinggalan kita akan berbicara mengenai ANGPAO. Nah ada yang tau nga sebnarnya ada cerita apa yah dibalik sebuah ANGPAO???
Akan byk pertanyaan soal AADA (A
da Apa Dengan Angpao).
Ada apa dibalik tradisi para orang tua yang memberikan amplop merah yang berisi uang tunai ini. Lalu mengapa harus diberikan ketika IMLEK aja..(kenapa nga tiap hari aja.. hahaha)



Siapa yang tidak suka dengan benda berwarna MERAH terang ini dibalut dengan serpihan EMAS yang berkilau di dalamnya??
(bagi Anda yg tdk suka dapet angpao, mohon hubungi dokter terdekat :) hehe)

Nah kisahnya dimulai dari ...........
Menurut cerita, pada zaman dahulu ada seekor binatang yang tinggi besar disebut jg CONG , setiap tahun di malam tahun baru binatang itu keluar mengelus-elus dahi anak-anak yang sedang tidur, anak-anak yang pernah dibelainya akan menjadi GILA (ih...serem juga yah...). Demi keselamatan anak-anak, orang tua menjaga anak-anaknya sepanjang malam, dinamakan "Sou Cong".

"CONG" Si Mahluk Besar
(Penggangu Anak2 di Cina)


(ini adl gambar yg paling mendekati utk mendeskripsikan binatang besar di atas, nga tau juga apakah dia galak nga yah???? hehehe)


Berdasarkan legenda di Provinsi Zhejiang, ada sebuah keluarga pasangan suami istri yang baik dan jujur. Mereka baru memiliki anak sangat mereka sayangi bagaikan benda pusaka.




Pada suatu malam tahun baru, agar sang anak tidak diganggu oleh "CONG" itu, kedua orang tuanya menemani anaknya bermain dengan kertas MERAH berisi uang, setelah sepanjang malam bermain, karena lelahnya orang tua anak itu tertidur, koin uang yang telah dibungkus dengan kertas merah itu jatuh di samping bantal si anak.


Nga lama kemudian CONG itu datang, lalu menjulurkan tangannya
menjamah kepala anak itu. Kedua orang tua anak itu terbangun kaget, namun, ingin mencegah juga sudah terlambat, saat itulah tampak bungkusan MERAH di sisi bantal anak itu memancarkan seberkas cahaya terang dan langsung menyinari CONG, makhluk itu berteriak histeris lalu kabur.
(masa seh begini ceritanya hehe... udh lanjut lagi deh)

Dalam waktu singkat, orang-orang di seluruh pelosok desa mengetahui peristiwa tersebut, dan menganggap bahwa malam hari terakhir ke-30 setiap tahun, dengan kertas merah yang diisi uang dan diletakkan di sisi bantal anak-anak dapat menghalau makhluk itu.

Semua orang lalu mengisi uang dengan kertas merah, dan menamakan uang itu
sebagai ANGPAO, anak-anak bisa melewati setahun usianya dengan selamat
setelah mendapatkan ANGPAO.

Apapun dibalik cerita mengenai ANGPAO, yang terpenting tradisi ini mengajarkan kita untuk MEMBERI, salah satu ekspresi utk mengasihi orang lain. Dengan ini kita bisa turut merasakan kemeriahan IMLEK dengan hadirnya ANGPAO......
Tidak bisa dibayangkan IMLEK TANPA ANGPAO kan???



Selamat Bagi Yang dapet banyak ANGPAO taon ini, gunakanlah sebaik mungkin uang itu apalagi masuk tahun 2009 ini, yg penuh tantangan Financial..
(sbagai saran ada beberapa cara utk menggunakan uang anpao Anda dengan baik, salah satu cara terbaiknya adalah mentraktir saya hahahahaha)

1 komentar:

Luna8288 mengatakan...

Apaan segh tugh ceritanya...Dpt dri mana tugh....G tak percaya,hwhwhwh....